Beranda > Melihat Sekeliling, Wira Usaha > Bermodal Skill & Felling

Bermodal Skill & Felling


    Sobat yang pengguna kendaraan roda dua mungkin pernah mengalami motor yang Sobat tunggangi terasa tidak nyaman geyal geyol. Nggak asyik & bikin BT tentu saja. Cari penyebab geyal geyol bikin BT ini. Sebabnya bisa bermacam. Hanya sejauh pengalamanKu penyebabnya dari ban & velg. Beberapa faktor yang bisa di urai di sini antara lain; kurang tekanan angin,pemasangan ban luar tidak center (pada ban baru atau bekas tambal),bear ring sudah oblag,velg penjol atau tidak center setelah kena lubang atau tabrakan.

    Berkaitan soal velg tidak center. Kali ini menyempatkan nulis tentang profesi tukang stel velg jari jari yang dimasa sekarang sudah banyak motor bervelg cast wheel (racing) tapi jasa stel velg ruji ini masih bisa eksis.

    Tidak banyak modal diperlukan. Sekedar kios pinggir jalan. kunci kunci & jugil ban untuk bongkar pasang, satu unit compressor atau pompa tangan juga bisa,palu godam dari kayu,kunci untuk stel jari jari,garpu buatan atau dari garpu sepeda & garpu buatan untuk nyetel velg motor. Maka sudah bisa beroperasi. Berikut beberapa foto yang Aku jepret pakai hape jadulku sewaktu stel jari jari si Smash… Cekidot…

    Tentang profesi stel velg jari jari ini menurut pendapatku lebih mengandalkan keterampilan & intuisi. Tidak pakai patokan baku presisi. Jadi pengalaman sangat ngaruh. Untuk ongkos stel ini bervariasi,tergantung hal yang dikerjakan. Untuk stel normal semacam smash ini berkisar Rp 35,000 sampai Rp 40,000 sepasang. Untuk yang rusak parah bisa lebih besar lagi. atau untuk velg sepeda lebih murah lagi. Selain itu,bidang yang cocok untuk kelengkapan profesi ini adalah jasa tambal ban,sparepart pendukung velg,hingga oli mesin.

    Sobat ada yang mau coba berwira usaha stel velg..?

    • 18 Juni 2013 pukul 20:38

      Bisa diwariskan & di upgrade usahanya Sob,misalnya jadi bengkel beneran & jual spare part🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: