Beranda > Melihat Sekeliling, Opiniku > Teliti Sebelum Oper Kredit

Teliti Sebelum Oper Kredit


    Oper mengoper kredit adalah hal yang sudah biasa kita temui,Entah kredit rumah,mobil,motor, atau hal lain yang Sampeyan lebih tahu. Tentang hal ini Aku ada sedikit pengalaman yang mudah mudahan bisa di ambil manfaat positifnya buat semua.

    Kejadian ini sudah beberapa bulan yang lalu. Suatu pagi saat Aku masih di kantor,ada seorang debitur (konsumen) yang menelpon lewat HP,mengutarakan maksutnya akan mengoper kredit motornya ke anak buahnya (kebetulan konsumen ini seorang petugas di salah satu instansi),Ok Aku jelaskan persyaratan yang harus dipenuhi & tahapannya. Percakapan sekitar dua puluh menit itu menghasilkan kesepakatan bahwa besok pagi akan ke kantor dengan membawa persyaratan berikut mengajak sang anak buah yang akan meneruskan kredit.

    Dan besok paginya sekitar jam sembilan sampailah mereka berdua. Langsung dikerjakan & dibuatkan surat oper alih resmi. Sehubungan ada kekurangan persyaratan berupa copy KTP dari istri orang kedua maka besok harinya baru bisa diproses berikut survay ulang. Kebetulan Aku yang cek lokasi & lingkungan berikut mengambil copy KTP. Dan selesai. Yamaha mio sudah di oper kredit tinggal nunggu persetujuan.

Yamaha Mio

    Pada bulan berikutnya,suatu siang sang anak buah yang meneruskan kredit motor menelpon,dia terheran heran saat membayar angsuran ke kantor pos ada denda keterlambatan senilai Rp 1.029.000. Oke Aku jelaskan kalau denda keterlambatan itu timbul karena bayar angsuran sering telat dari awalnya. Biar jelas akhirnya disepakati untuk melihat print kartu piutang. Selanjutnya Aku sambangi ke rumahnya sekalian silaturrahmi.

    Sore harinya saat kunjungan Sang konsumen sudah menunggu. Segera ku keluarkan,dilihat dengan seksama tanggal pembayaran tiap periode. Mungkin karena sungkan sama atasan & sudah terlanjur jadi,akhirnya diselesaikan saja.tiap bulan akan di setor angsuran berikut ngangsur dendanya. Setelah clear masalahnya & berbincang hal lain Aku terus pamitan.

    Inti dari kejadian di atas adalah “Teliti sebelum menerima oper kredit” Periksa kondisi kendaraannya,periksa riwayat pembayarannya,agar Sampeyan mengeluarkan uang tidak terlalu banyak. Konfirmasi ke finance yang bersangkutan. Dan segera oper alih resmi agar tidak ada kesulitan di kemudian hari. Semoga berguna🙂

  1. 15 Oktober 2012 pukul 11:44

    pengalaman pribadi y bro hihihihihi

    • Kelana 97
      15 Oktober 2012 pukul 11:46

      Iya Sob, itu orang maunya hemat malah ketambahan nanggung bayar denda🙂 Trimakasih hadir siang🙂

  2. 15 Oktober 2012 pukul 13:49

    wah tuh yang ngover kredit ga konfirmasi tuh, jadi berabe neeh kalo gini

    • 15 Oktober 2012 pukul 20:24

      Nggak minta rincian riwayat pembayaran Sob🙂

  3. z1rider
    16 Oktober 2012 pukul 12:14

    Kalau ngredit yang lagi foto di belakang nya Mio di atas gimana yah kang ? hehehe😆

    • 16 Oktober 2012 pukul 20:18

      Jiahahaha…,kalau itu properti punya Yamaha buat brosur produk😀 kinclong yah🙂

  4. 16 Oktober 2012 pukul 15:46

    Biasa bro perjalanan hidup..
    mampir kang http://gombongmotorcommunity.com/

    • 16 Oktober 2012 pukul 20:19

      Siap🙂 Prasmanan yah🙂

  5. 16 Oktober 2012 pukul 21:14

    Asik prasmanan kang demen aku..
    http://gombongmotorcommunity.com/

  6. redbike92
    18 Oktober 2012 pukul 12:58

    sep sep
    keren oom tulisannya
    jadi sebelum deal oper kredit di cek bener2 riwayat motornya ya hehehe
    jangan2 pemilik Mio sebelumnya gak kuat nyicil hehehe

    • 18 Oktober 2012 pukul 13:19

      Yah seperti itulah Mas Felix,kondisi motor & riwayat pembayarannya. Perhitungkan lagi bea perbaikan & denda keterlambatan (kalau ada). Diperkirakan juga nanti bea balik nama & mutasi (bila lain wilayah). Terimakasih sudah menyempatkan singgah. Masih UAS ya ?

      • redbike92
        18 Oktober 2012 pukul 13:23

        Hohoho
        sudah selesai oom Kelana
        nih lagi nulis mau update hehehe

        • 18 Oktober 2012 pukul 14:04

          OK,ditunggu updatenya🙂

  7. 18 Oktober 2012 pukul 19:48

    Mantap tulisane kang
    http://gombongmotorcommunity.com/

  8. 18 Oktober 2012 pukul 21:14

    Matur nuwun…,GMC juga bagus bisa runut. Trimakasih singgah lageee…

  9. 20 Oktober 2012 pukul 11:35
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: