Beranda > Melihat Sekeliling, Opiniku, Permotoran > Motor Bekas Masih Layak

Motor Bekas Masih Layak


    Tulisan ini masih ada hubungannya sama tulisan sebelumnya,masih bersifat opinis,jadi bila ada yang mau menambahi atau meng koreksi silahkan.

    Kalau sebelumnya tentang motor ambyar yang kembali ke perusahaan pembiayaan,kini tentang motor yahud (minimal layak) yang kembali ke perusahaan pembiayaan.

    Penyebab pertama adalah wanprestasi. Ini bersangkutan dengan kemampuan finansial debitur/konsumen. Awal awalnya angsuran baik baik saja,tapi pada kelanjutan ada masalah karena berhenti kerja,sakit berkepanjangan,usaha yang merugi dan lain sebagainya.

    Penyebab kedua adalah konflik di internal debitur/konsumen. Misalnya gini; Motor diangsur secara patungan sama anggota keluarga,tapi setelah beberapa bulan berjalan terjadi kesenjangan,yang males urunan tapi getol makai,yang setor terus nggak kebagian makai,akhirnya berantakan setorannya & daripada rebutan akhirnya motor dikembalikan saja. Atau orang tua yang membelikan buat anak tapi setelah dibelikan motor malah anaknya suka kluyuran sampai malam,atau anaknya malah suka bolos sekolah,dinasehati susah akhirnya suatu bentuk punishment buat anak yaitu fasilitas motornya di cabut sama orang tuanya dibalikin ke finance.

    Penyebab ke tiga, karakter debitur yang buruk,misalnya suka menunda nunda bayar angsuran sampai berlarut larut,susah di temui/dihubungi. tidak kooperatif,sering ingkar janji bayar. Setelah melalui surat peringatan & sejenisnya tidak ada respon yang menunjukkan itikad untuk menyelesaikan yah tidak ada opsi lain selain motor di minta oleh perusahaan pembiayaan.

Penyebab ke empat lain lain

Ilustrasi saja

    Sepeda motor dari golongan di atas biasanya masih sangat layak hanya ada sedikit kekurangan karena sebab dipakai,misalnya Accu soak, ban botak/tipis,kampas rem tipis,kulit jok diganti,tempelan fariasi, spion rubah dan lain lain. selebihnya baik baik saja tergantung kebiasaan yang punya.

    Tiap tiap perusahaan pembiayaan sudah punya jaringan untuk jual lelang motor motor ini. Oleh pembeli cukup dibersihkan & dilengkapi kekuranganya/di standardkan lagi. Setelah itu motor mejeng di showroom nunggu peminat (sambil ngopi ngopi🙂 )

    Dan banyak loh yang kalo ditilik dari plat nomornya baru itungan beberapa bulan saja,starter eletrik mantap,suara mesin bening,body kinclong…itu nggak satu dua Mas Bro..,mantepnya lagi digaransi & siap melayani complain. opo ra joss kuwi.

    Secara konsumen keberadaan sepeda motor bekas ini merupakan opsi lain dari kepemilikan motor. Tahun muda,model belum ketinggalan,harga miring & kalaulah di kredit angsurannya lebih rendah dari unit baru. Selain sisi benefid tersebut ada juga sisi kerepotannya. Pada masanya kelak motor itu pasti perlu pembaharuan dokumen,entah pajak atau Ganti STNK berikut plat nomornya,nah ..di point ini calon konsumen harus bisa menentukan jauh jauh hari saat memutuskan memilih unit. Kalau alamatnya luar daerah tentu harus hunting alamat pertama pemilik ,sekedar pinjam KTP untuk perpanjang/mutasi. Iya aja kalau ketemu kalau tidak …piye jal ?

Yang ini nggak di jual

    Di akui atau tidak keberadaan pasaran sepeda motor bekas sangat membantu masyarakat menengah kebawah yang butuh transportasi murah. tidak itu saja bagi orang yang gemar gonta ganti motor sekedar njajal punya ,beberapa bulan kemudian di tukar tambah  lagi ya ini pilihannya.

   Pesan dariku untuk yang ada niat beli motor motor bekas,teliti dengan seksama kondisi motor,jangan ngecek malam hari,jangan cuma pakai felling nggak pake duit  ,kalau pengetahuan minim ajak teman yang dipercaya buat ngecek,teliti dokumen cocokkan dengan di phisik kendaraan. Semoga berguna🙂

  1. 25 Juli 2012 pukul 09:14

    cari seken biasanya bawa temen yg paham mesin ..:D

    • 25 Juli 2012 pukul 12:32

      Lha iya, yang “ngerti” motor,kalau proses nego nggak ngewangi bakule🙂

  2. redbike92
    25 Juli 2012 pukul 11:13

    hehehe
    bahkan beberapa orang sengaja cari motor tua kayak CB atau RX-King oom😀
    klasik katanya😀

    • 25 Juli 2012 pukul 12:38

      Kalau yang itu jenis penggemar, biasanya nggak sensi soal harga, walaupun kata orang mahal kalau dia cocok ya bayari,nak iyo to yo🙂

  3. 26 Juli 2012 pukul 01:03

    dulu temen2 ane minta nya malah motor seken ,,katanya buat di modif , di korek dll gtu

    • 26 Juli 2012 pukul 01:27

      Kalo yang buat eksperimen gitu mah lain lagi ceritanya🙂 Trimakasih mampir malem malem Bro

  4. 26 Juli 2012 pukul 07:09

    Saya selalu cari seken,hargane miring tp masih dikatakan baru😀

    • 26 Juli 2012 pukul 07:30

      GL Sampeyan masih joss itu🙂

      • 27 Juli 2012 pukul 06:16

        punyae ini kang,jadi dirwat baik2😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: