Beranda > Permotoran > Hikayat New Smash

Hikayat New Smash


     Aku mau sedikit cerita tentang motor Suzuki new smash yang kupakai. Motor lansiran 2007 yang konon sebagai penyempurnaan dari Smah sebelumnya ini sering Kupakai kerja saat kondisi cuaca buruk ataupun saat mengunjungi daerah daerah yang kira kira rawan ranmor & sering juga buat pinjaman teman yang secara darurat perlu motor.

   Asalnya motor ini milik seorang teman yang ambil kredit. Dikarenakan kerjanya berhenti & belum dapat kerja lagi,hal lain dari itu untuk mencukupi kebutuhan sehari hari maka motor ini ditawarkan untuk di teruskan. Kala itu angsuran sudah sampai ke 22 dari 35 bulan tenor yang harus di jalani.

    Semula Aku tidak ada minat buat neruskan motor ini karena sudah ada si oranye yang Kupakai sehari hari. Tapi setelah dipertimbangkan ya apa salahnya sih nerusin motor ini,idhep idhep nulung temen juga buat dipakai gantian sama si oranye biar tidak keforsir terus terusan. Kebetulan saat itu lagi ada rizki uang yang cukup buat ngebayari. Dan setelah proses nego yang tidak terlalu lama akhirnya tercapai kesepakatan & dibuatkan perjanjian tertulis tentang oper alih motor ini.

    Cerita tidak berakhir sampai di situ,karena ternyata kondisi motor ini sedang “sakit” penyakit dalam & penyakit luar yang rada serius. Jadi banyak PR yang harus dikerjakan. Tahap awal sambil nunggu dana untuk turun mesin adalah membersihkan body luar karena banyak ditempeli sticker & spotlight yang  themanya ngacak  sambil diurus pajaknya yang mati hampir setahun.

    Saat turun mesinpun tiba. Lewat bantuan seorang mekanik yang sudah Kukenal maka dibuatlah daftar “resep” belanjaan part yang harus di ganti. Lumayan juga nih ngobatin bengeknya Si Smash. Sekitar satu minggu Si Smash di kerjakan(maklum lagi rame kerjaan). Setelah melewati masa masa di “UGD” itu mulailah masa aktifnya. Sambil dibenahi.

Rekondisi tahap 1

Setelah turun mesin

    Lanjut urutan selanjutnya stel jari jari & ganti ban ukuran standard 2.50 & 2.75. Rem depan ganti kotak minyak rem berikut handlenya, Servis jok & ganti kulitnya. Ganti aki kering, ganti satu set lampu belakang. Pasang sticker bodi. & terakhir bulan ini perbaikan kaki kaki shock breaker depan.

Setelah facelift & ganti lampu belakang

    Apakah berhenti sampai disini ? jawabnya tidak,karena masih ada beberapa PR yang belum selesai. kabel body rencana bulan depan,& performa mesin juga mau dibenahi lagi biar enteng larinya.

    Sebagai penutup tulisan ini,keunikan dari rekondisi motor lama terletak pada pencarian part & pengerjaannya. Kadang rada rada modif dikit biar bisa fungsi. & sedikit saran buat rekan yang punya motor masih kondisi standard sebaiknya hindari niat modip modipan yang nantinya malah jadi buang buang uang saja.

  Ini sedikit ceritaku dengan motor smashku..,ceritamu mana ??

Kategori:Permotoran
  1. 31 Mei 2012 pukul 09:26

    wah,, budget nya pasti lumayan nih untuk oprek sana sini

    http://areeya2.wordpress.com/2012/05/31/joke-pict-sumber-adanya-warung-yang-kobong/

    • 31 Mei 2012 pukul 09:31

      Lumayan mas,bikin dompet terbelah🙂 Matur nuwun sudah mampir

      • 31 Mei 2012 pukul 09:34

        maklum masb ..
        harga parts suzuki emang mantepp,, hehehe

        sama2 masbroo😀

        • 31 Mei 2012 pukul 09:47

          Memang iya, tapi logikanya kalo pake part ori bakalan lebih awet,secara jangka waktu pemakaian bakal lebih lama,itu benefitnya kali ya ? 🙂

  2. 3 Juni 2012 pukul 12:20

    mantap ,.,.ngebenaahin motor ceritanya ,..,,jadi kyak baru lg om hehe

    • 3 Juni 2012 pukul 12:35

      Melestarikan yang sudah ada, kesenangan dari rekondisi ya pada tahap pengerjaannya. kepuasannya kalau sudah normal & rapih🙂 Makasih Mas Bro..

  3. 10 Juli 2012 pukul 09:29

    mantep nih, saya restore crystal tune sampe hari ini belum tuntas. lagi nabung buat nebus silinder blok yang harganya 900 lebih Om

  4. 10 Juli 2012 pukul 13:19

    Wooh..,Crystal yah, itu spesies yang rada langka ..,ada artikelnya nggak ? pengen nyimak neh..

  5. 15 Februari 2013 pukul 14:04

    Thank you so much for applying time in order to post “Hikayat New Smash
    | Blog Bebas”. Thank you for a second time ,Angel

  6. 9 September 2014 pukul 22:06

    Kalau gue sich, mtor smashku ibarat istri ke 2 ku.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: